Rabu, 19 Oktober 2011

Menunda-nunda

orang ingin sukses. Termasuk Anda bukan? Terbukti, Anda membaca artikel ini. OK, saya tidak akan berfilosofi tentang sukses. Saya definisikan sukses dengan tercapainya tujuan Anda.

Nah, ada satu hal yang bisa menghalangi Anda sukses. Hal ini menjadi “penyakit” yang banyak dimiliki oleh orang. Saya menemukan orang yang memiliki penyakit ini. Apakah termasuk Anda?

“Sudahlah… apa penyakit itu?” OK, ini dia:

Penyakit itu adalah… menunda-nunda.

“Besok saja.”
“Nanti saja.”
“Akan saya lakukan, kalau saya sudah…”
“Saya mau fokus ini dulu.”

Dan berbagai macam alasan penundaan yang lainnya.
Ada dua jenis menunda-nunda:
Menunda-nunda memulai sebuah pekerjaan.
Menunda-nunda menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Bagaimana dengan Anda?

Yah… tentu saja. Setiap orang akan memiliki alasan untuk menunda sebuah pekerjaan atau menyelesaikan pekerjaan. Ada satu alasan yang bisa diterima, yaitu ada pekerjaan lain yang jauh lebih penting dan mendesak. Meski alasan ini diperbolehkan, tetapi jika terus menggunakan alasan ini, ada yang tidak beres dalam pengelolaan pekerjaan Anda. Masa ada pekerjaan mendesak terus menerus?

Rasulullah saw pun menganjurkan kita untuk selalu menyelesaikan pekerjaan sampai akhir:

Jangan mengagumi amal perbuatan sampai ia menyelesaikan yang terakhir. (HR. Ath-Thabrani dan Al Bazzar)

Lalu bagaimana jika pekerjaan kita lama dan panjang? Sederhana, Anda bagi-bagi saja pekerjaan itu menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil. Lakukan pekerjaan kecil itu setiap hari, setiap bagian lakukan sampai selesai, seperti yang diperintahkan hadits diatas.

Kemudian, Anda harus tekun melakukannya. Meski sedikit, lakukan setiap hari. Ini juga yang dianjurkan oleh Rasulullah saw:

Amalan-amalan yang paling disukai Allah ialah yang lestari (langgeng atau berkesinambungan) meskipun sedikit. (HR. Bukhari).

Ini adalah manajemen waktu ala Rasulullah saw. Sederhana, tetapi sudah terbukti ampuh. Lihatlah pencapaian besar yang beliau dapatkan dalam waktu 23 tahun.

OK, sekarang Anda sudah mengetahui penghalang besar sukses Anda. Dan Anda pun sudah tahu teknik manajemen jitu dari Rasulullah saw. Jika kita mengikuti teknik ini, insya Allah pencapaian kita akan meningkat. Jadi, jangan menunda-nunda pekerjaan Anda. Bagi-bagi pekerjaan, lakukan setiap bagian sampai selesai dan lakukan dengan tekun.

Tidak ada komentar: